Seorang Driver Gojek Lulus Cum Laude S2 Di IAIN Jember, #GojekMencariGelar

Seorang Driver Gojek Lulus Cum Laude S2 Di IAIN Jember, #GojekMencariGelar

Seorang Driver Gojek Lulus Cum Laude S2 Di IAIN Jember, #GojekMencariGelar

Berikata.com –  Driver ojek online (ojol) bernama Badrut Tamam (28) memberikan Inspirasi lewat sebuah kisahnya karena lulus cum laude di Pascasarjana IAIN Jember. Penggalan kisahnya ini memberikan pengalaman tersendiri dalam suka duka menempuh Pascasarjana di IAIN Jember dengan narik ojol dilewatinya dengan gigih.

Pria kelahiran Probolinggo, 28 April 1991, ini menceritakan pengalaman awal mengapa ia memilih menjadi seorang driver ojol. Alasan utamanya sebenarnya sederhana, ia ingin menyelesaikan Kuliahnya tampa bantuan orang tua karena Ia berasal dari keluarga kurang Mampu namun semangatnya tinggi untuk menimba ilmu.

“awalnya saya berhenti dari sebuah kantor Notaris yang berada di kabupaten jember, saya bingun untuk membayar UKT (uang kuliah tunggal) di Pascasarjana IAIN Jember, ahirnya ada seorang teman menyarankan kepada saya untuk daftar driver ojek online untuk dapat membayar UKT (uang kuliah tunggal). Ahirnya pada semester I mulai narik tepatnya pada bulan 1 Januari 2018 . Pria yang akbrab disapa mas Badrut ini awalnya tidak diperbolehkan untuk menjadi driver Ojol karena alasan orang tua faktor keselamatan, melihat sering terjadi pembegalan dijalanan saat malam, namun tekad seorang mas Badrut untuk menyelesaikan S2 nya di Pascasarjananya di IAIN Jember tidak mengahalangi untuk tetap menjadi driver Ojol agar dapat membayar UKT (Uang Kuliah Tunggal) sembaring memberikan pemahaman kepada orang tuanya bahwa ia dapat menjaga keselamatan dirinya.

Soal mengatur waktu kuliah dan bekerja, ia mengatakan tidak mempunyai masalah. Malahan ia mengatakan berkat support dari temen-temen Ojolnya ahirnya dia mampu menyelesaikan Tesis di Pascasarjana IAIN Jember.

“suka duka di jalanan saat narik ya banyak, dari pernah ketipu orang karena orderan fiktif Gofood orangnya hilang saat di antarkan kerumahnya sampek ada bapak-bapak tentara bantuin untuk membayar semua Gofood yang sudah saya belanjakan dan banyak cerita-cerita yang lainya saat menjadi driver Ojol, sedulurannya (persaudaraannya) kuat, temen-temen saya banyak yang meberikan support dan semangat kepada saya agar bisa menyelesaikan Pascasarjana di IAIN Jember, Terima kasih dulu-dulur Sakera Team ,” lanjutnya lulusan S2 Pascasarjana IAIN Jember ini.

Mas Badrut Mengambil Tesis tentang Perkawinan Campuran, karena Jurusan atau Program studi yang di ambil saat di Pascasarjana IAIN Jember adalah Program Studi Hukum Keluarga, jadi ia meneliti tentang Perkawinan Campuran di Indonesia baik dari segi hukum dan ketentuan Agama.
“ahirnya pada 24 Juli 2019, ia dapat melaksanakan Ujian tesis yang dilaksanakan di ruangan Sidang Tesis Gedung Pascasarjana IAIN Jember, dengan di uji oleh 4 orang Doktor dari Dosen Pascasarjana IAIN Jember.
Putra ke 4 dari empat bersaudara ini pasangan suami-istri bapak Junaidi dan Ibu waqi’ah mengaku dia tidak pernah minder di kampusnya karena statusnya seorang driver Ojol bahkan dia sering memakai jaket ojolnya ketika ke kempus dan saat kuliah bahkan ia sering memposting kegiatannya di akun sosial miliknya saat kuliah dengan memberikan hastag #GojekMencariGelar.
” saya biasanya sering berangkat kekampus paket jaket ojol dan ikut kuliah juga setelah selesai kuliah saya langsung keliling kota jember untuk mencari orderan” ujarnya

Sifat kerja kerasnya sudah mendarah daging mulai dia sekolah, pernah juga ia saat masih kuliah S1 di Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jember, berjualan Susu kedelai saat ada acara penting dikampusnya dulu.
” saya sudah biasa bekerja keras malah dulu waktu S1 saya sering jualan Susu kedelai saat ada acara wisuda di kampus saya dulu jadi memang sudah biasa bekerja keras” imbunya.

Mas Badrut dulu waktu masih di S1 di UNMUH Jember juga pernah aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan Mulai dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah sebagai ketua Umum di Komisariat Justitia Fakultas Hukum, dan Pernah Menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Agama Badan Eksekutif Mahasiswa UNMUH Jember, Juga pernah menjadi Sekertaris Umum KORKOM Unmuh Jember, dan beberapa Organisasi Ektra kampus.
Dulu juga saat menyelesaikan S1 di Fakultas Hukum ia juga pernah mendapatkan Prestasi Sebagai Lulusan terbaik Fakultas Hukum dan Lulusan tercepat itu salah satu prestasi yg di peroleh seorang Mas Badrut.

Mas Badrut cukup mengispirasi saat Yudisium ke 17 Pascasarjana IAIN Jember, setelah menyelesaikan masa studinya selama 2 tahun dengan IPK 3,86 dengan menyandang pujian cum laude.

Setelah lulus S2, Badrut belum berniat melepas pekerjaan ojol-nya. Ia bermaksud melanjutkan ke S3 dan mencari beasiswa atau mengajar menjadi dosen.
” saya masih ingin lanjut S3 tapi gak tau duitnya masih dari mana mungkin saya akan cari Beasiswa atau tetep cari orderan Gojek yang terpenting #GojekMencariGelarPart2 tetap berlanjut mungkin juga saya akan Ngajar jadi Dosen ya pokoknya halal saya pasti akan saya lalui” ungkapnya.

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account