Hanya IMM Ormek yang Legal di UM Jember.

Berikata.com – Ber-IMM adalah tentang bagaimana menjadi kader sejati dengan menginternalisasikan tri kompetensi dasar (religiusitas, intelektualitas, humanitas) yang akan ditanamkan. Dalam gerakan dakwah,muhammadiyah membangun174 kampus perguruan tinggi,dimana setidaknya menyumbang mahasiswa sebanyak 600.000 yang mana jumlah itu mencangkup 10% jumlah mahasiswa nasional.

Dengan berkembangnya kampus muhammadiyah,maka konsekuensi utama adalah berkembangnya organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.

Wakil Ketua Mejelis Dikti Litbang PP Muhamadiyah Dr Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan bahwa hanya ada 4 organisasi kemahasiswaan yang boleh berada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM). Ke-4 organisasi Muhammadiyah tersebut adalah IMM, DPM, BEM dan UKM. Hal itu sesuai dengan pedoman dan aqidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

” Aturan-aturan yang sudah jelas,dengan adanya peraturan rektor 1565/PER/II.3.AU/F/2013. Pasal 2 point 10 menjelaskan kewajiban dan larangan mahasiswa ikut selain 4 organisasi ” tutur Rizky Romadhoni Korkom IMM UM Jember

Organisasi lain seperti PMII, HTI, dan lainnya tidak boleh ada di PTM. Larangan tersebut  bukan karena tidak suka terhadap organisasi-organisasi mahasiswa tersebut.  Akan tetapi karena PTM itu adalah “rumah sahnya” IMM,  DPM, BEM dan UKM,maka selain itu,Haram Hukumnya adanya organisasi selain IMM di PTM dan pimpinan PTM harus tegas taat melaksanakan aturan ini. Tambahnya.

Jika ada indikasi PTM membiarkan organisasi kemahasiswaan seperti PMII,HTI dan lain lain melakukan kegiatan dan menggunakan fasilitas PTM,maka pihak rektorat wajib memberi sanksi kepada pelanggar.

“Memang seharusnya PTM menjadi tempat kaderisasi paling legal yang harus di dukung oleh pihak kampus” tambahnya

” IMM wajib besar di rumah sendiri (UM Jember) dan berhak bersikap tegas atas kehadiran ormek lain ke dalam Rumah kami, karena sudah jelas tidak ada ormek lain yg dapat masuk dan besar kecuali IMM ” Rizky Romadhoni Kordinator Komisariat IMM UM Jember. ”

-Red

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account