Paradoks Utopis Gerakan IMM


Sudah setengah abad perjalanan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di tanah air ini untuk merealisasikan tujuan dan cita-citanya. Namun, sepertinya masih membutuhkan perjalanan yang lebih panjang lagi bagi IMM agar tujuan dan cita-cita sepenuhnya dapat diwujudkan. Hal tersebut dikarenakan misi dan tujuan IMM sebagai organisasi perkaderan dan pergerakan masih di ambang kebingungan.

Sering sekali IMM berkutat pada permasalahan internal organisasi, hingga berujung pada terhambatnya langkah IMM dalam tataran eksternal. Gerakan IMM selama kurang lebih setengah abad saat ini masih sebatas wacana intelektual, belum menyentuh pada tataran praksis gerakan nyata. Meskipun tidak semua, IMM di masing-masing daerah banyak ditemui seperti itu.

Selain itu, gerakan IMM sendiri masih belum sepenuhnya mandiri. Bisa dikatakan, IMM masih mengekor pada organisasi ekstra kampus lainnya.

Pada era sekarang ini,mahasiswa di tuntut bukan hanya sekedar sebagai seorang akademisi,tetapi juga seorang praktisi. Hari ini kader IMM di tuntut harus segera ambil peran dalam setiap bidang-bidang yang tersedia untuk menunjuang perkaderan dan menunjang eksistensi gerakan. Peran adalah aspek dinamis dari kedudukan (status). Apabila seseorang melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan kedudukannya, maka dia menjalankan suatu peran.

Apabila dilihat dari kacamata idealis dan realitas, masih terlihat paradoks utopis. IMM sebagai organisasi kemahasiswaan yang membawa nama Muhammadiyah di belakangnya memiliki andil yang cukup besar dalam membangun dan memberi kontribusi untuk negeri ini,tri kompetensi dasar gerakan IMM hanya sekedar di hafal,bukan di implementasikan menjadi boomerang pada gerakan.

Menjadi PR besar bagi IMM untuk dapat mengejawantahkan nilai-nilainya secara global. Karena orientasi perkaderan dari IMM sendiri adalah untuk mencetak kader umat, perserikatan, dan kader bangsa.

Melihat usia IMM yang sudah setengah abad lebih, haruslah ada langkah-langkah strategis guna melebarkan sayap dakwah IMM melalui gerakan-gerakannya. Karena IMM merupakan organisasi yang di bawah payung besar Muhammadiyah tentu menjadi harapan besar agar dapat mewujudkan cita-cita perserikatan di masa depan.

-B

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account