“Perkuat Keamanan Sektor Maritim,DPP IMM Buat Kapal Selam Tanpa Awak

“Perkuat Keamanan Sektor Maritim,DPP IMM Buat Kapal Selam Tanpa Awak

“Perkuat Keamanan Sektor Maritim,DPP IMM Buat Kapal Selam Tanpa Awak

Jakarta 19 /03/2019
Pentingnya peningkatan keamanan pada wilayah maritim merupakan salah satu upaya Indonesia dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa sebagai poros maritim dunia. Besarnya luas teritorial laut merupakan tantangan besar bagi Indonesia dalam memperkokoh kekuatannya pada sektor keamanan diwilayah maritim. Tentunya hal ini menjadi pekerjaan rumah yang harus segera diselsaikan.

Menjawab keresahan tersebut DPP IMM bidang maritim dan agraria melalalui TIM teknologi yang dikomandoi oleh Muhamnmad Syukron mengembangkan kapal selam tanpa awak (ROV) yang dikendalikan oleh remote control nirkabel (tanpa kabel) berbasis aduino.

Projek kapal selam tanpa awak ini dirancang dan dikerjakan oleh TIM DPP IMM yang dikomandoi oleh Muhammad Syukron di PoLandia. Syukron menuturkan “kapal selam tanpa awak ini kami rancang sebagai bagian dari ikhtiar dan bakti kami kepada negeri ini , dengan memberikan solusi kongkrit terhadap persoalan peningkatan keamanan dari sektor maritim”. Begitulah hal yang disampaikan oleh mahasiswa S2 jurusan electrical engineering and comnputer science di Lubin University of Technologi, Polandia.

Riyan Betra Delza sebagai Ketua DPP IMM Bidang Maritim dan Agraria, memberikan dukungan penuh atas capaian yang sudah dilakukan oleh TIM DPP IMM dalam pengembangan kapal selam tanpa awak tersebut, dan akan menyampaikan ini kepada pemerintahan terkait sebagai salah satu bentuk solusi yang diberikan IMM terhadap peningkatan keamanan dari sektor maritim, “ pengembangan kapal selam tanpa awak ini merupakan bentuk kongkrit IMM dalam memberikan solusi terhadap persoalan besar bangsa khususnya sektor maritim. Ini juga menunjukan konsistensi kami dalam memberikan bukti kepada bangsa, tideak hanya bersifat gagasan, tapi aksi nyata, ujarnya.

Kapal selam tanpa awak ini akan segera di launching, setalah beberapa sistem yang masih dalam penyempurnaan selesai. Hal ini disampaikan oleh Baiquni Alsafa sebagai sekretaris DPP IMM bidang maritim dan Agraria sekaligus penanggung jawab TIM, “ kapal selam tanpa awak ini akan segera kami launching, Insya Allah sekitaran bulan April atau Mei, menunggu semua sistem selesai dengan sempurna, karena ada beberapa yang masih terus di upgrade” ujarnya.

Admin

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account