Tambang Silo Jember Contoh Crazy Rich from Crazy System

Tambang Silo Jember Contoh Crazy Rich from Crazy System

Tambang Silo Jember Contoh Crazy Rich from Crazy System

Anda mungkin ikut membagikan cerita tentang orang-orang super kaya Indonesia, setelah demam film Crazy Rich Asian tempo hari. Sadarilah bahwa fenomena crazy rich, orang-orang super kaya itu adalah bagian dari sistem yang tidak adil di negeri ini.

Salah satu sumber kekayaan orang-orang itu adalah tanah, dalam berbagai bentuk. Ada penguasa lahan pertanian, yang kemudian berubah menjadi lahan perumahan dan industri. Ada penguasa lahan hutan dan pertambangan. Di negeri ini segelintir orang bisa menguasai lahan, nyaris tanpa batas. Dengan itu mereka bisa kaya tanpa batas.

Banyak orang ribut soal penguasaan sumber daya alam oleh pihak asing. Orang-orang tidak ribut terhadap penguasaan oleh orang lokal, padahal penguasaannyaa melalui cara-cara yang korup. Lahan dikuasai dengan kolusi 3 pihak, yaitu elit penguasa di pusat, pengusaha, dan penguasa daerah. Dengan berbagai praktik korup yang tidak jarang disertai tekanan dan intimidasi kepada rakyat, mereka menguasai lahan.

Lalu mereka mengeksploitasinya. Masih ingatkah Anda dengan bencana asap yang melanda negeri ini setiap musim kemarau beberapa tahun yang lalu? Salah satu sumbernya adalah pembakaran lahan untuk perkebunan. Mereka tidak peduli pada kerusakan yang ditimbulkan. Mereka bebas melakukannya karena punya kekuasaan yang mereka beli dari aparat korup.

Kalau Anda pergi ke wilayah pertambangan, Anda akan menemukan kerusakan lingkungan yang menggila. Mereka hanya membongkar tanah, mengambil isinya, lalu meninggalkan sisanya begitu saja.

Berbagai bisnis lain dikembangkan dengan pola yang sama. Pebisnis bisa menabrak banyak aturan dengan menyuap aparat pemerintah. Sebagian berhasil ditangkap dan dipenjarakan, tapi sebenarnya itu hanya sebagian kecil saja. Yang masih bebas berkeliaran melakukan praktik korup, masih sangat banyak.

Pasca Perang Dunia II, Jepang melakukan land reform. Tanah-tanah yang dikuasai elit tuan tanah dibeli paksa oleh pemerintaj dengan harga yang ditetapkan. Setiap orang hanya boleh menguasai maksimal 1 hektar (4 hektar di Hokkaido). Tanah yang dibeli dijual kembali kepada yang belum punya tanah. Petani penggarap tanah mendapat prioritas tertinggi.

Masih di Jepang, orang tidak bisa kaya karena keturunan. Anak-anak dari seseorang yang meninggal hanya boleh mewarisi maksimal 1/2 dari harta orang tuanya. Jadi seberapa kaya pun seseorang, hartanya tidak akan bertahan turun temurun. Aset seseorang yang meninggal dikenai pajak, makin banyak hartanya makin tinggi pula pajaknya. Untuk kekayaan di atas 600 juta yen, tarif pajaknya mencapai 55%.

Crazy rich people adalah fenomena negeri korup. Orang bisa kaya sekaya-kayanya, bebas dari kontrol negara. Banyak dari mereka yang tidak membayar pajak dengan benar.

Saya tidak iri dan benci pada mereka. Tapi saya juga tidak berdecak kagum, lalu membagikan cerita mereka dengan riang. Setiap kali melihat mereka saya semakin sadar bahwa perjuangan bangsa ini untuk menjadi bangsa yang adil dan beradab masih sangat panjang.

Hasanudin Abdurakhman

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account