Soekarno Sasaran Utama Amerika

Soekarno Sasaran Utama Amerika

Soekarno Sasaran Utama Amerika

Saya ingin mengingatkan saja:

Bahwa yang dilorot dari kekuasaan dalam sebuah proses panjang sejak tanggal 1 Oktober 1965 hingga 12 Maret 1967, adalah pendiri negara ini.

Namanya Sukarno. Dia lah yang membuat nasionalisme mudah dipahami oleh bangsa kita, yang sebenarnya adalah amalgamisasi banyak bangsa ini.

Dialah yang merumuskan Pancasila dengan metode konsensus. Pancasila, kata dia, adalah “sebuah dasar yang dinamis” yang dimaksudkan untuk bisa menjadi wadah bagi beragam ideologi.

Dialah yang sejak tahun 1930an memahami bahwa Amerika Serikat sangat berambisi menguasai sumberdaya alam di Asia Tenggara. Ambisi itu akan akan mendorong AS untuk mengusir para penjajah Eropa dari kawasan ini.

Dia tahu persis, berdasarkan kalkulasi politik kawasan, bahwa akan banyak negara baru yang lahir di Asia Tenggara di pertengahan 1940an, karena para penjajah Eropa akan menyerahkan estafet pada AS. Asia Tenggara dan SDAnya akan coba diambil alih oleh AS, dengan corak imperialisme yg berbeda. Karenanya, tahun 1930an dia tulis naskah tonil berjudul “Indonesia ’45”.

Dengan pemahaman itu, dia lah juga yang getol menghadang derap langkah Amerika Serikat untuk menguasai SDA di negeri ini.

Karena itu, dia selalu menjadi sasaran konspirasi pelorotan dari kekuasaan sejak tahun 1950an.

Setelah dia jatuh karena kudeta merangkak yang diawali oleh terbunuhnya 6 perwira tinggi AD tanggal 1 Oktober 1965, terbukalah peluang bagi modal asing untuk mengambil keuntungan besar dari SDA kita.

Anda sekarang mengeluh tentang modal asing dan aseng, tapi Anda mempercayai kisah G30S versi pelaku kudeta merangkak yg menjatuhkan Sukarno itu, dan malah menganggap sang pelaku kudeta sebagai pahlawan?

Coba cek dengkul Anda…

Abdul Gaffar Karim

(Dosen FISIPOL UGM)

admin

leave a comment

Create Account



Log In Your Account